Kelebihan Dan Kekurangan Wifi/Hotspot

Kelebihan Dan Kekurangan Wifi / Hotspot | Istilah Wifi (wireless fidelity) atau sering juga disebut hotspot merupakan teknologi nirkabel dengan memanfaatkan gelombang radio untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya.

Penggunaan wireless atau jaringan WiFi saat ini telah marak kita temui, misalnya saja di tempat umum, hotel, bandara, sekoloah, kampus, cafe, rumah sakit, restaurant, kantor dan tempat-tempat lainnya jaringan wireless selalu di gunakan,

Untuk mengenal lebih jauh jaringan Wifi, serta kelebihan dan kekurangannya, berikut akan kita bahas.

Mengenal Wifi
Kelebihan Dan Kekurangan Wifi/Hotspot, Wifi (wireless fidelity), Wireless , Kelebihan Dan Kekurangan Wifi Jaringan
Seperti disebutkan diatas Wireless merupkan teknologi nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai jalur komunikasi untuk menghubungkan berbagai device seperti komputer pc, laptop, gadeget atau smartphone ke jaringan internet.

1. Kelebihan Wifi

1. Konek tanpa bantuan kabel
Inilah salah satu kelebihan paling penting dari teknologi wireless nirkabel. Tidak seperti pada penggunaan jaringan kabel yang mengharuskan tiap komputer atau laptop menghubungkan kabel UTP ke jaringan agar dapat terhubung.
Dengan menggunakan kabel UTP untuk terhubung ke internet, tak semua device akan bisa konek ke jaringan karena ada banyak device yang tidak mendukung penggunaan kabel UTP sebut saja smartphone atau komputer tablet.

Dengan wireless nirkabel masalah penggunaan kabel dapat teratasi, karena wireless hanya menggunakan gelombang radio sebagai jalur transmisi.
Dengan begitu beragam device akan bisa terhubung memanfaatkan jaringan wireless seperti smartphone atau tablet. Sepanjang device anda mendukung teknologi wireless, maka bisa di pastikan perangkat anda bisa terhubung dengan mudah.

2. Pengguna dapat berpindah-pindah
Tidak seperti penggunaan jaringan kabel, di mana jalur kabel telah di susun dan di instalasi dengan rapi, sehingga komputer yang konek dengan kabel tersebut akan sulit berpindah tempat pada saat terhubung ke jaringan.
Sekali lagi, dengan teknologi wireless masalah di atas dapat diatasi. Anda bisa saja berpindah-pidah tempat ketika membuka internet sepanjang peraangkat anda masih bisa menjangkau sinyal WiFi yang di pancarkan perangkat wireless.

3. Pemasangan dan biaya lebih murah
Seperti telah di singgung diatas, wireless merupakan teknologi tanpa kabel. Dengan demikian akan sangat menghemat di banding jika anda harus menginstal kabel UTP untuk tiap-tiap device yang akan terhubung ke jaringan.
Selain hemat biaya untuk pembelian kabel, dengan menggunakan wireless juga akan memudahkan anda menghubungkan semua device ke jaringan.
Ini menjadi memungkinkan, karena yang perlu anda lakukan hanyalah melakukan konfigurasi hotspot agar dapat dengan mudah di akses siapa saja yang berada di sekitar jaringan tersebut.

4. Beragam device dapat konek dengan mudah
Tak hanya komputer pc atau laptop, dengan wireless semua device akan bisa terhubung dengan mudah. Ya, sepanjang perangkat anda menudukung pemakaian wireless, maka device akan dengan mudah konek ke jaringan.

2. Kekurangan Wifi

1. Kemampuan sinyal yang terbatas
Salah satu kekurangan jaringan wireless adalah kekuatan sinyal yang di pancarakan hanyalah sekitar beberapa ratus meter saja. Jadi jika anda berada di tempat yang agak jauh dengan jaringan wireless maka anda tidak bisa lagi konek dengan jaringan.

2. Pemakaian bandwith tinggi
Mudahnya beragam device yang bisa konek dengan wireless membuat banyak pengguna bisa terhubung dengna mudah. Cukup dengan klik wireless connection dan memasukkan password (jika menggunakan security) maka semua device akan mudah konek.
Dengan banyaknya client yang konek bersama, akan membuat pemakaian bandwith internet menjadi tinggi, sehingga akan membuat jaringan internet anda lebih lambat.

3. Keamanan harus lebih di perhatikan
Agar pemakaian data internet melalui jaringan wireless dapat terkontrol maka anda perlu melakuakn konfigurasi pada wireless anda seperti penambahan password yang kuat, serta pemilihan sistim security yang lebih aman.
Dengan adanya sistim keamanan yang baik akan membuat wireless bersifat private atau tidak sembarang orang bisa mengakses jaringan internet anda.

4. Kecepatan transfer lebih lambat

Dan terakhir kekurangan dari jaringan wireless adalah kecepatan pada transfer data. Jika di banding transmisi kabel tentu jalur wireless sedikit lebih lambat baik dalam pengiriman dan penerimaan data di dalam jaringan.